Bimbingan Teknis Kesadaran Keamanan Informasi (KAMI) untuk Pegawai di Lingkungan Tata Usaha BATAN

Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) BATAN mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan dan pembinaan serta bimbingan di bidang pendayagunaan informatika dan kawasan strategis nuklir. Pada tahun 2018 PPIKSN menyelenggarakan  bimbingan  teknis  kesadaran keamanan informasi untuk  Kepala Bagian Tata Usaha atau yang mewakilinya dari tiap satuan kerja.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 3 dan 4 Mei tahun 2018 di Ruang Rapat A, Baiquni Lantai 2 Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta yang sebagian besar adalah Kepala Bagian Tata Usaha dari seluruh satuan kerja di BATAN.

Acara bimbingan teknis dibuka oleh Plt PSTA, Ir. Puradwi, DEA dan dilanjutkan paparan dari narasumber Joshua M. Sinambela, M.Eng, dari Rootbrain.com. Dalam paparannya Joshua menyampaikan pentingnya memahami keamanan informasi untuk pengguna Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) saat ini. Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga tentang rantai terlemah dalam keamanan siber adalah faktor manusia, ragam jenis malware dan cara penanganannya. Disamping itu tanggung jawab dalam pengamanan data/informasi/aset digital tidak semata-mata menjadi tugas pengelola infrastruktur jaringan dan pusat data serta bidang aplikasi dalam hal ini PPIKSN tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh pegawai BATAN.

Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama yaitu Layanan BATANnet tahun 2018 yang dipaparkan oleh Bapak. Drs. Rakhmat Saleh,  Mengenali Resiko Keamanan informasi yang disampaikan oleh Bapak Sulasno, S.Kom, M.Si,  Internet Sehat dan Aman (INSAN) yang disampaikan oleh Bapak Wenseslaus Roland serta materi  Kebijakan Surat elektronik & Akses jaringan yang disampaikan oleh Ibu Intan Savitri, M.Eng. Selanjutnya pada hari kedua materi yang disampaikan adalah Keamanan Komputer Kerja yang dipaparkan oleh Bapak Ghofir, S.ST serta  Pengenalan Sistem Informasi Notula BATAN (SINOBA) yang dipaparkan oleh Bapak Drs. Budi Prasetyo dan Ibu Dra. Susana

Di akhir acara dilaksanakan evaluasi yang dipandu oleh Kepada Bidang Pengelola Jaringan Komputer dan Komunikasi Data (PJKKD) Bapak Rakhmat Saleh. Pada sesi evaluasi Kepala bidang PJKKD menampung usulan dari peserta Bimtek, diantaranya harus adanya koordinasi antara pengembang aplikasi dan penyedia infrastruktur dalam pengembangan aplikasi yang akan datang serta keberlanjutan kegiatan bimbingan teknis keamanan informasi untuk waktu-waktu yang akan datang penting disampaikan kepada pegawai lainnya(Fir)