Layanan Reaktif
Layanan reaktif dari BRIN-CSIRT merupakan layanan utama dan bersifat prioritas yaitu :
- Pemberian peringatan terkait dengan laporan insiden siber.
- Layanan ini dilaksanakan berupa pemberian peringatan adanya insiden siber dan juga informasi statistik terkait layanan kepada pemilik sistem elektronik.
- Layanan penanggulangan dan pemulihan Insiden.
- Layanan ini diberikan berupa koordinasi, analisis, rekomendasi teknis, dan bantuan on-site dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber.
- Layanan penanganan kerawanan.
- Layanan ini diberikan berupa koordinasi, analisis, dan rekomendasi teknis dalam rangka penguatan keamanan (hardening). Namun, layanan ini hanya berlaku apabila syarat- syarat berikut terpenuhi :
-
-
- Pelapor atas kerawanan adalah pemilik sistem elektronik. Jika pelapor adalah bukan pemilik sistem, maka laporan kerawanannya akan dikoordinasikan dengan pemilik sistem;
- Layanan penanganan kerawanan yang dimaksud dapat juga merupakan tindak lanjut atas kegiatan Vulnerability Assessment.
-
- Layanan penanganan artefak. Layanan ini diberikan berupa penanganan artefak dalam rangka pemulihan sistem elektronik terdampak ataupun dukungan investigasi.
Layanan Proaktif
- Menyelenggarakan kegiatan workshop keamanan siber kepada pihak konstituen.
- Menyelenggarakan kegiatan Drill Test Insiden Keamanan Siber kepada pihak konstituen.
- Menyelenggarakan sosialisasi keamanan siber kepada konstituen