Layanan

Layanan Reaktif
Layanan reaktif dari BRIN-CSIRT merupakan layanan utama dan bersifat prioritas yaitu :

  • Pemberian peringatan terkait dengan laporan insiden siber.
    • Layanan ini dilaksanakan berupa pemberian peringatan adanya insiden siber dan juga informasi statistik terkait layanan kepada pemilik sistem elektronik.
  • Layanan penanggulangan dan pemulihan Insiden.
    • Layanan ini diberikan berupa koordinasi, analisis, rekomendasi teknis, dan bantuan on-site dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber.
  • Layanan penanganan kerawanan.
    • Layanan ini diberikan berupa koordinasi, analisis, dan rekomendasi teknis dalam rangka penguatan keamanan (hardening). Namun, layanan ini hanya berlaku apabila syarat- syarat berikut terpenuhi :
      1. Pelapor atas kerawanan adalah pemilik sistem elektronik. Jika pelapor adalah bukan pemilik sistem, maka laporan kerawanannya akan dikoordinasikan dengan pemilik sistem;
      2. Layanan penanganan kerawanan yang dimaksud dapat juga merupakan tindak lanjut atas kegiatan Vulnerability Assessment.
  • Layanan penanganan artefak. Layanan ini diberikan berupa penanganan artefak dalam rangka pemulihan sistem elektronik terdampak ataupun dukungan investigasi.

Layanan Proaktif

  • Menyelenggarakan kegiatan workshop keamanan siber kepada pihak konstituen.
  • Menyelenggarakan kegiatan Drill Test Insiden Keamanan Siber kepada pihak konstituen.
  • Menyelenggarakan sosialisasi keamanan siber kepada konstituen